Senin, 18 April 2011

Icon Phile

 
Aplikasi portable ini sangat berguna sekali untuk mengubah icon dari file system di Windows. Icon pada file-file tersebut biasanya tidak mudah untuk bisa dirubah dengan mudah dan harus masuk ke registry-nya yang akan berbahaya kalau sampai salah mengubah nilai/ parameter di sana, tapi dengan adanya Icon Phile maka Agan bisa dengan aman, mudah dan cepat menggantinya.

Seperti yang terlihat saat membuka drop down pada screenshot di atas, selain icon dari file system (.dll .inf .ini .reg .log .sys) bisa juga mengganti icon dari jenis file kompresi (.zip .rar ,dll), jika pilihan Desktop diklik akan memunculkan kelompok file lagi di panel sebelah kiri untuk mengganti icon file yang ada di Desktop, Star menu, Drive, Folder standar Windows (Folder Open, Folder Closed, Control Panel, Printers, Fonts, dll), sampai bentuk cursor. Kemudian icon lain yang dapat dirubah seperti untuk ekstensi file dokumen, gambar dan multimedia.


Selain itu Agan bisa menambahkan jenis ekstensi file yang ingin dirubah, jadi klo Agan tidak menemukan ekstensi tertentu dari keenam kelompok jenis file yang ingin diganti iconnya, tinggal klik icon Edit Groups. Tunggu sampai proses index seluruh ekstensi file yang ada selesai. Nanti akan muncul deretan ekstensi yang aneh-aneh di panel sebelah kiri seperti terlihat pada screennshot.


Misalkan saya ingin merubah icon dari file beresktensi .3GP, tapi tidak saya temukan di kelompok kategori file Multimedia. Maka saya cari ekstensi .3GP di panel sebelah kiri, klik dua kali nama ekstensinya untuk memasukkannya ke dalam kategori, untuk mengeluarkannya dari kategori cukup klik kanan dan pilih Remove Extensions


Untuk merubah icon-nya ada dua cara, yaitu dengan klik kanan & pilih Change Icons/ klik dua kali pada file, lalu yang kedua cukup dengan men-drag icon yang diinginkan lalu drop ke jenis file yang ingin diganti dengan icon tersebut, nantinya akan terlihat bentuk icon telah berubah dan terdapat pula tanda plus warna hijau kecil yang menandakan kalau icon file tersebut sudah diganti. Setelah semua file yang diinginkan telah diganti icon-nya, maka selanjutnya klik tombol Apply untuk melaksanakan semua perubahan tersebut.


Skema/ tema perubahan icon yang sudah Agan lakukan ini bisa disimpan sehingga memudahkan untuk memakainya kembali suatu saat nanti, caranya klik tombol Save Scheme (Ctrl + S). Pilih folder tempat Agan menyimpannya dan akan berbentul file dengan ekstensi .PHL.


Dengan semua fitur-fiturnya itu dan dukungan terhadap ketiga versi sistem operasi Windows bisa dibilang software ini adalah yang terbaik untuk mengganti icon di Windows.

Download
Icon

0 komentar:

Posting Komentar

free counters

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites